Rabu, 23 Desember 2015

Pengertian Ilmu Psikologi Pendidikan



A.    Pengertian Ilmu Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan terdiri dari kata psikologi dan pendidikan. Psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.[2] Maka psikologi merupakan kajian ilmiah mengenai tingkah laku dan proses mental. Sedangkan psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang khusus mempelajari aktivitas-aktivitas atau tingkah laku manusia dan proses mental yang terjadi dalam proses pendidikan.[3]
Sehingga dengan adanya ilmu psikologi pendidikan, maka akan membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan sesuai dengan tujuan. Guru akan memahami dan tahu bagaimana cara mendidik siswa-siswinya sesuai dengan tahap perkembangannya.
Sebagaimana yang terjadi sebelum ilmu psikologi memasuki dunia pendidikan, orang beranggapan bahwa penguasaan mengenai bahan pelajaran yang akan diberikan kepada anak didik merupakan satu-satunya syarat yang harus dipenuhi bagi guru termasuk calon guru. Akan tetapi dengan terjadinya perkembangan yang luas dalam dunia ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya dan psikologi anak khususnya, adalah disebabkan oleh adanya penyelidikan yang bersifat empiris eksperimental, maka anggapan di atas mulai berubah.
Perubahan itu mulai timbul pada abad ke-19, orang mulai menyadari dan menginsyapi bahwa pengetahuan secara mendalam mengenai mata pelajaran yang diberikan belum cukup untuk menjadi guru yang baik. Di samping itu, juga dibutuhkan pengetahuan-pengetahuan pelengkap untuk menyiapkan guru secara profesional, pendapat baru itu makin lama makin luas pengaruhnya sehingga dalam abad ke-20 ini negara-negara yang maju telah mendidik tenaga-tenaga ahli yang khusus untuk jabatan guru.[4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar